Thursday, November 29, 2012

Otak Kiri Otak Kanan


Waktu itu gw ikut nyokap gw ke penyuluhan remaja dengan tema Gizi Remaja di Gedung Jiwasraya Tangerang. Nyokap gw kerja di Puskesmas Kutabumi dan dia megang program remaja jadi gw ke sana dalam rangka nemenin nyokap gw nganter remaja bimbingannya buat ikut penyuluhan.

Gw udah lupa acara apa aja yang diadain. Gw cuma inget kalau setiap anak-anak perwakilan sekolah di suruh buat lagu karangan sendiri tentang anemia. Tapi selain itu, ada materi yang benar-benar gw inget sampai sekarang.

Jadi Bapak tersebut (gw lupa juga namanya) memberikan materi tentang otak. Dia adalah pembicara tamu. Dalam presentasinya, dia menunjukkan audience beberapa tes dalam slidenya yang mengasah otak kiri dan kanan. Salah satu yang gw inget adalah tes yang satu ini:

Baca dengan keras kata-kata dibawah ini dengan menyebutkan warnanya, bukan kata'nya:

MERAH KUNING HIJAU
BIRU UNGU JINGGA
PUTIH HITAM

Gimana, pusing gak? Itu karena otak kiri mencoba untuk membaca kata-katanya sedangkan otak kanan mencoba membaca warnanya. Gw sih waktu itu bener-bener kagok nyobanya. Lalu dia juga menyadarkan audience kalo sebenarnya otak kanan dan kiri kami dari awal dia presentasi sudah bekerja. Hal tersebut dibuktikan ketika dia mematikan tape yang dari tadi muterin musik instrument dengan cukup keras, namun kami semua baru sadar kalo dari tadi ada musik mangalun dan hasilnya kita gak bosan mendengar Bapak itu presentasi.

Dari situlah gw tau jika otak kanan dan kiri sama-sama bekerja, kita belajar atau menyerap informasi juga tidak gampang lelah dan cepat masuk ke otak. Sama seperti kalo gw mengingat lirik lagu. Gw bisa inget lirik dan tersimpan di otak dalam jangka yang lama karena kata-kata dalam lirik lagu tersebut disimpan di otak kiri, sedangkan nada-nadanya di otak kanan. Jadi ketika gw mendengar nada lagu yang gw tau, gw bisa menyanyikan liriknya secara spontan. Beda banget kalo lagi ulangan di sekolah. Kapan ya gw bisa jawab soal-soal ulangan dengan spontan??

Berikut link untuk download musik yang diputar waktu penyuluhan yang gw ikutin.



Kalo gw pribadi udah gak bisa belajar make lagu itu karena gw udah inget lagu-lagunya, jadi kurang bisa konsentrasi waktu lagi menyerap materi pelajaran. Sekarang gw lagi suka sama track relaksasi dari Body Balance Les Mills karena lebih lembut dan enak buat meditasi apalagi tidur. Heeheee...

Kalo mau track dari Les Mills, baca postingan selanjutnya dan akan gw kasih link downloadnya di situ.

1 comment: